Kamis, 12 Oktober 2017

Sosial media, kebutuhan atau trend masa kini?

Situs jejaring sosial atau yang biasa kita dengar sosial media (social nework) merupakan wadah atau tempat berbagi cerita, moment, dan foto kepada hal layak agar mereka tau apa yang sedang ia lakukan. Menurut beberapa ahli mengemukakan beberapa gagasan mengenai sosial media:

“sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual” Wikipedia

Menurut andreas kaplan dan Michael Haenlin mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun diatas dasar ideologi dan teknologi web dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”

Namun kali ini saya akan membahas tentang situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan di penjuru negeri ini, seperti Facebook, Instagram, Twitter.
Kalau menurut saya pribadi, situs jejaring sosial seperti yang tadi  saya ucapkan dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Mengingat di era melenium sekarang saat ini yang apa-apa berbasis teknologi, situs jejaring sosial sangat dibutuhkan. Penggunanya pun beragam, tidak hanya dari kalangan anak muda, para orang tua, pejabat, ibu-ibu sosialita, dan anak SD pun sudah pasti mempunyai satu akun bahkan lebih sosial media. Dengan bermodalkan smartphone dan koneksi Internet, siapapun bisa menggunakan sosial media kapanpun dan dimanapun. Lantas seperti apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sosial media yang ada di Indonesia.

1. Facebook
Siapa yang tidak tau dengan sosial media yang satu ini. situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg yang beroperasi di Amerika Serikat ini mampu menghipnotis seluruh masyarakat dunia. Bahkan pada akhir Maret 2015 pengguna Facebook sudah menembus angka 1,44 miliar, bagaimana dengan sekarang yang sangat mudah sekali mengakses Facebook. Facebok bisa diakses dari berbagai macam media, seperti komputer, smartphone, dan lain-lain. Dari sepengetahuan saya, pengguna Facebook dominan adalah kalangan remaja yang mencari jati diri. Dari kalangan orang tua ataupun dewasa, sebagian besar mereka menggunakan facebook hanya untuk mengawasi anak-anak mereka disosial media. Facebook sangat mudah digunakan, dan banyak sekali fitu-fitur yang membuat pengguna betah menggunakan situs jejaring ini. seperti bisa membuat status yang berisikan apapun, namun kebanyakan hanya tulisan curahan hati mereka ketika mereka ditinggal sang kekasih. Berbagi foto dan vidio, bahkan baru-baru ini, facebook meluncurkan fitur siaran langsung yang dimana pengguna bisa berbagi kepada publik tentang apa yang sedang ia lakukan secara langsung. Namun, dari berbagai macam fitur yang facebook berikan, banyak sekali orang yang menyalah gunakan untuk kepentingan yang tidak-tidak. Seperti mencemarkan nama baik seseorang, menyebarkan berita hoax, membagikan foto dan vidio yang tidak pantas dilihat terutama oleh kalangan anak-anak, penipuan yang sudah banyak terjadi dan masih banyak lagi kejahatan yang bisa terjadi di facebook. Sebagai pengguna, kita harus bisa menjadi pengguna yang cerdas yang bisa memilah dan memilih mana yang mengandung unsur kejahatan dan mana yang berguna bagi kehidupan kita.
Dari sisi positif difacebook, selain kita bisa berbagi status, foto, dan vidio, kita bisa menjalin hubungan dengan keluarga, teman, pacar, dan orang yang baru kita kenal. Kembali ke definisi facebook sebaga situs jejaring sosial, yang pastinya bisa menghubungkan teman yang jauh sekalipun. So, kita bisa mencari seseorang yang sudah lama tak berjumpa dengannya selama ia mempunyai akun facebook. Yang pasti facebook merupakan perantara agar kita bisa terus bersilaturahmi dengan orang yang jauh sekalipun.

2. Instagram
Situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia setelah facebook adalah Instagram. Instagram atau biasa disebut IG adalah situs jejaring sosial berbagi foto dan vidio. Jangan salah walau hanya untuk berbagi foto dan vidio, pengguna instagram sudah menembus angka 800 juta pengguna dilansir dari laman kompas.com. jika pengguna facebook mendominasi  adalah anak muda, berbada dengan Instagram. Pengguna IG tidak hanya dari kalangan anak muda, anak-anak, bahkan orang dewasa pun mempunyai akun instagramnya. Orang dewasa menggunakan IG tidak fokus hanya untuk memantau anak mereka dari sosial media, melainkan mereka aktif mengupload foto dan vidio bersama teman kerja mereka. Tak jarang juga para orang tua menggunakan IG untuk melihat akun yang sengaja menjual barang-barang online seperti pakain, sepatu, makanan, dan lainnya di akun instagramnya. Orang tua memegang sepenuhnya terhadap sosial media instagram. Fitur yang diberikan instragam kepada peggunanya pun sangat memuaskan, seperti fitur boomerang yang kini sudah masuk ke instagram stories yang dimana pengguna hanya perlu melakukan satu kali gerakan yang ketika sudah diproses dengan boomerang maka gerakan tersebut akan terulang secara terus menerus. Sedangakan instagram stories sendiri adalah suatu fitur yang memungkinkan penggunanya berbagi foto dan vidio yang hanya ditonton selama 24 jam. Bisa menggunakan boomerang,  foto terbaru, tag lokasi, suhu, waktu atau kita bisa menuliskan apapun dengan berbagai warna dan bentuk. Selain intagram stories, fitur lain yang saat ini banyak digunakan adalah Live stories, sama seperti facebook, instagram memungkinkan penggunanya melakukan siaran langsung atas apa yang sedang ia lakukan.
Untuk masalah foto dan vidio yang bersifat tidak layak untuk dilihat oleh anak dibawah umur, instagram mempunyai kebijakan tersendiri. Menurut berita online yang pernah saya baca, sekiranya foto tersebut tidak layak untuk ditonton maka pihak instagram bisa menghapus foto tersebut bahkan memblokir akun tersebut. Jadi instagram lebih aman dari facebook untuk foto atau vidio tak layak untuk dilihat.
Banyak juga perusahaan endorse yang sengaja mengendorsekan produknya dengan pengguna instagram yang kemudian dibagikan ke pengikut-pengikutnya. Tuh yang pengikut di instagramnya ribuan bahkan ratusan bisa-bisa kalian diendorse oleh perusahaan-perusahaan.

3. Twitter
Situs jejaring sosial yang satu ini sedikit berbeda dari sebelumnya, menggunakan burung sebagai lambang dari sosial media ini twitter menjadi salah satu situs jejaring sosial media yang paling banyak digunakan bahkan hingga seluruh dunia, selain facebook dan instagram. Tidak seperti facebook yang bisa menulis status panjang lebar seperti novel, twitter hanya memberi kebebasan penggunanya untuk mengekspresikan pendapatnya hingga 140 karakter, dalam twitter status tersebut dikenal dengan istilah tweet. Seperti layaknya burung yang selalu berkicau, twitter pun sama halnya mungkin seperti itulah mengapa twitter dilambangkan dengan burung. Pada tahun 2013, pengguna twitter berkicau lebih dari 340 juta dalam satu hari, entah sekarang sudah berapa ratus juta kali kicauan dalam satu hari. Twitter banyak digunakan oleh kalangan anak muda keatas. Banyak juga yang memanfaatkan twitter sebagai media untuk kepentingan umum atau dalam suatu komunitas seperti sarana protes, kampenye politik, dukungan, dan masih banyak lagi. Dalam fitur twitter, terdapat istilah trending topik dengan icon # yang didalmnya berisikan 10 berita paling populer yang sedang dibicarakan oleh banyak orang bahkan hingga lingkup dunia. Jadi kita bisa tau tuh berita apa ajah yang sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang, kalau berita perselingkuhan kamu dan dia ada ngga yah kira-kira. Dan untuk mengenai konten yang kurang baik, twitter sama seperti facebook. Banyak akun-akun yang kicauannya berisikan konten yang tidak pantas untuk dipublikasikan, dan jika anak dibawah umur melihatnya, rusak deh pemikiran anak itu. Setau saya, pengguna twitter masih jarang ditemui dari kalangan 15 tahun kebawah yang beranggapan apaan sih twitter tidak seperti facebook yang lebih menyenangkan. Jika banyak seperti itu, akun-akun yang kicauannya berisi konten tidak layak tonton aman dari kalangan anak dibawah 15 tahun. Tetapi yakin di era modernisasi sekarang ini seperti itu?
Jadi media sosial twitter yang identik berwarna biru muda ini, berisikan kicaun-kicaun yang tak kurang dari 140 karakter yang isi kicauannya beragam. Cocok untuk kepoin para tokoh publik, untuk melihat perkembangan suatu acara atau berita, tak jarang beberapa pengguna twitter langsung mengtweet liver report dari suatu peristiwa.

Sebenarnya masih banyak lagi sosial media yang berkembang di Indonesia, seperti Path, Ask,  Tumblr, Linkd,  Snapchat dll. Pasti anak muda jaman sekarng mempunyai bahkan lebih dari satu akun media sosial yang berbeda-beda. Di era sekarang ini, memang boleh mengikuti apa yang sedang digunakan oleh banyak orang termasuk sosial media. Tetapi sebagai generasi penerus yaitu kalian-kalian semua yang membaca tulisan ini, jangan sampai kita diatur oleh sosial media bahkan hingga sampai tahap yang berlebihan. Toh sosial media juga manusia yang menciptakan bukan Tuhan. Hanya orang yang mempunyai pemikiran cetek yang mampu dikendalikan oleh ciptaannya sendiri. Bersikaplah bijak terhadap sosial media yang kita punya, gunakan sebaik mungkin jangan sampai semua yang kita miliki dipublikasikan ke sosial media. Jangan sedikit-dikit upload, sedikit-sedikit update, mending isinya yang bermanfaat nah kalau cuma keluh kesah atau hanya untuk memamerkan apa yang kita punya itu artinya kita sudah dikendalikan oleh sosial media. Seseorang juga pasti mempunyai privasi yang orang lain tidak perlu tau, buatlah privasi yang cukup yang mana hanya kamu sendiri yang tau.

Nah itulah sedikit info mengenai sosial media yang sudah menjadi kebutuhan diera teknologi saat ini. jadi apakah menurut anda sosial media sudah menjadi kebutuhan atau tren masa kini? Jawab di kolom komentar.

1 komentar:

Blog27999
8 Maret 2020 pukul 06.54

Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

Plus, getting it set up is as simple as 1-2-3!

Here are the steps to make it work...

STEP 1. Choose which affiliate products the system will push
STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate system explode your list and sell your affiliate products all on it's own!

Are you ready to make money automatically?

Click here to make money with the system

Posting Komentar